Sejarah Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare Jawa Timur
Kampung Inggris Pare Jawa Timur

Sejarah Kampung Inggris Pare : Kampung Inggris Pare kediri ialah perkampungan yang lokasinya berada di jalan Anyelir, dan jalan Brawijaya, jalan Kemuning yang ada di desa Tulungrejo serta desa Pelem, kecamatan Pare, kabupaten Kediri, propinsi Jawa Timur. Kampung tersebut disebut sebagai kampung Inggris bukan karena banyaknya orang Inggris atau keturunannya yang tinggal di desa atau perkampungan tersebut, melainkan karena banyaknya lembaga kursus Bahasa Inggris yang ada di kampung atau desa Inggris tersebut. Berikut ini adalah sejarah sejak awal mula terjadinya.

Sejarah Kampung Inggris Pare
Sejarah Kampung Inggris Pare

Sejarah kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare berawal sekitar tahun 1976. Sejarah kampung Inggris Pare berawal dari kedatangan seorang santri dari pesantren Gontor, asal Kalimantan, bernama Kalend ke desa ini. Santri tersebut kehabisan biaya untuk meneruskan pendidikannya dan bermaksud untuk belajar bahasa asing secara gratis kepada KH Ahmad Yazid almarhum, yang merupakan tokoh agama setempat, pengasuh masjid serta Pondok Darul Falah, yang sudah terkenal menguasai hingga sembilan bahasa asing. Kebetulan sang kyai sedang berpergian ke luar kota. Kemudian Kalend menunggu di sekitar masjid, dan tak lama kemudian datang juga dua orang mahasiswa dari IAIN Sunan Ampel Surabaya yang bermaksud untuk belajar bahasa Inggris kepada sang Kiai Yazid, guna persiapan menghadapi ujian akhir mata kuliah bahasa Inggris yang akan berlangsung dalam jangka waktu 5 hari lagi di kampus mereka. Berhubung Kiai Yazid pada saat itu sedang berada di luar kota, maka istri Kiai Yazid lantas menyarankan agar belajar dengan Kalend. Kedua orang mahasiswa dari IAIN tersebut lantas menunjukkan 350 soal bahasa Inggris kepada Kalend, dan ia merasa mampu menjawab sekitar 60% lebih dari soal-soal tersebut  sehingga ia pun menyanggupi untuk mengajar mereka, lalu setelah selama 5 hari belajar dan melaksanakan ujian, akhirnya kedua orang mahasiswa IAIN tersebut pun berhasil untuk lulus. Lalu mereka pun kembali belajar memperdalam kemampuan bahasa Inggrisnya kepada Kalend. Hingga beritanya kemudian tersebar kemana-mana dan semakin banyak orang yang berdatangan ke kampung tersebut untuk juga belajar bahasa Inggris. Sejak saat itulah Kalend lantas memulai pendirian suatu lembaga kursus bahasa Inggris di kampung atau desa tersebut. Langkahnya kemudian diikuti oleh para alumnus siswa-siswanya yang lalu juga ada yang membuat lembaga kursus bahasa Inggris juga di desa tersebut.

Kampung Inggris Pare Kediri
Kampung Inggris Pare Kediri

Berbagai Lembaga Kursus Bahasa Inggris di kampung Inggris Pare, Kediri

Lembaga kursus pertama yang didirikan oleh Kalend adalah BEC atau Basic English Course yang pada awalnya masih di selenggarakan di serambi masjid, dengan peserta adalah para remaja sekitar dan gratis tanpa dipungut biaya. Namun hal tersebut lantas berkembang dengan pesat hingga pada pertengahan tahun 2011, tercatat sudah terdapat sekitar 100 lebih Lembaga Kursus bahasa Inggris paket kampung Inggris Pare. Menjadikan kampung Inggris tersebut sebagai tempat pusat pembelajaran bahasa Inggris yang terbesar di Indonesia. Kondisi tersebut membuat kampung Inggris menjadi tempat belajar Bahasa Inggris yang ideal. Muridnya pun banyak juga yang berasal dari manca negara, seperti dari Malaysia, Timor Leste, Thailand dan lain sebagainya.

Itulah sekilas informasi tentang sejarah kampung Inggris Pare. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

1 Comment

Join the discussion and tell us your opinion.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*