Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

Dapat berbicara dalam bahasa Inggris tentu adalah skill yang penting dimiliki di era modern saat ini. Jika berbicara soal menggunakan bahasa Inggris, hal yang pertama kali harus dipelajari adalah perkenalan dalam bahasa Inggris. Penggunaan perkenalan ini tentunya sangat berguna saat bertemu dengan orang asing untuk pertama kali.

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

Impresi pertama dalam melakukan perkenalan bisa jadi langkah awal untuk membuat relasi. Maka dari itu penggunaan perkenalan ini sudah diajarkan sejak SD agar lebih lancar digunakan. Perkenalan dengan bahasa Inggris ini sebenarnya bisa cukup mudah dilakukan asalkan kalian sudah terbiasa dalam menyusun kosa kata bahasa Inggris. Tapi perlu diingat bahwa sama halnya dengan bahasa Indonesia, perkenalan harus selalu disesuaikan dengan lawan bicara.

Perkenalan sendiri bisa dilakukan saat berbicara dengan orang baru, atasan, di depan kelas ataupun sebagai pembawa seminar. Dalam setiap situasi perkenalan itu, kombinasi kata – kata dan gaya bicara akan berbeda tentunya. Jika kalian ingin belajar lebih soal perkenalan bahasa Inggris ini secara lebih mendalam, mari bahas pada artikel ini seputarnya!

Tips Belajar Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

Jika kalian ingin cepat bisa menguasai percakapan perkenalan menggunakan bahasa Inggris, ada beberapa tips yang sebenarnya bisa kalian gunakan. Mari kita bahas tips – tips pada bagian berikut ini:

Ikut Kursus Speaking Bahasa Inggris

Tips pertama ini adalah jalur belajar yang paling umum diambil oleh banyak orang yang ingin lebih ahli dalam bahasa Inggris. Jika kalian belajar di kursus speaking bahasa Inggris ini, Kalian tidak hanya sekedar tahu susunan kata dan kalimat untuk kebutuhan perkenalan. Karena melatih seputar skill speaking, Kalian akan menyerap ilmu seputar intonasi, pengucapan dan juga ekspresi saat berbicara di sini.

Banyak Menyaksikan Percakapan dalam Bahasa Inggris

Jika Kalian ingin belajar tentang perkenalan, Kalian tentu akan lebih cepat bisa saat melihat dari contoh – contoh. Percakapan yang melibatkan perkenalan tentu ada banyak sumbernya. Mulai dari film – film barat sampai dengan video di YouTube, semua ini pasti bisa jadi sumber contoh perkenalan dan percakapan yang baik.

Saat belajar dari contoh percakapan ini, Kalian tentu tidak boleh hanya mencontoh kata – katanya. Lihat konteks situasi siapa lawan bicara, ekspresi yang ditunjukan, gaya bahasa tubuh dan juga intonasi pengucapan. Sebagai contoh saja, perkenalan bahasa Inggris yang dilakukan umumnya melibatkan si pembicara menatap langsung lawan bicaranya di mata. Ekspresi yang digunakan bisa datar ataupun ceria tergantung dari konteks situasi. Hal seperti ini tentu tidak bisa dipelajari jika Kalian hanya belajar perkenalan yang berupa teks semata.

Latihan Praktek di Depan Kaca

Nah, dalam berlatih sendiri saat sudah mendapatkan materi dari kursus dan melihat contoh percakapan bahasa inggris, Kalian harus praktek di depan kaca. Teknik ini akan memastikan Kalian bisa melihat ekspresi dan bahasa tubuh Kalian saat berbicara. Orang luar lebih mementingkan tingkah laku, penggunaan ekspresi dan bahasa tubuh seseorang saat sedang berkenalan. Jadi Kalian bisa latihan dengan mementingkan semua faktor itu dengan melihat refleksi di depan kaca.

Contoh – Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris

Jika Kalian ingin coba belajar menggunakan contoh teks, mari bahasa beberapa contoh berikut ini!

Contoh Perkenalan di Depan Kelas

Untuk perkenalan di depan kelas menggunakan bahasa Inggris, Kalian diharapkan mengenal audience terlebih dahulu. Misal didepan anak – anak kelas 1 SMP dengan di depan kelas mahasiswa tentu akan berbeda penggunaan bahasanya. Untuk audiens anak – anak, gunakan bahasa simple dan ekspresi ramah dan ceria. Sedangkan di hadapan kelas mahasiswa, pakai bahasa semi formal dengan ekspresi senyum bisnis untuk impresi serius ataupun senyum lebar untuk impresi ramah.

Berikut adalah contoh perkenalan dalam bahasa Inggris yang bisa Kalian pakai untuk anak – anak:

“Hello everyone, my name is Adrea Wijaya. You can call me Adrea. I am 17 years old. I’m from Bandung and live at Pattimura Street number 5. I live with my sister and two brothers. My hobbies are reading books, travelling and listening to music.”

Hallo semua, nama saya Adrea Wijaya. Kalian bisa panggil Adrea. Aku berumur 17 tahun. Aku berasal dari Bandung dan tinggal di Pattimura Street nomor 5. Aku tinggal bersama kakak permpuanku dan dua kakak laki laki. Hobiku adalah membaca buku, traveling dan mendengarkan musik.

Berikut adalah contoh yang bisa Kalian pakai untuk mahasiswa:

“Good morning, friends and professor. Hopefully everybody is healthy and happy today. Well, I’m grateful because we can meet each other here right now. I would like to introduce myself. I’m Andrea Wijaya. My friends usually call me Andrea. I was born on January 25, 2000 in Bandung. So, I’m now 19 years old and currently live alone in an apartment at Brilia Street, Kediri. I’m the second child on my family and have the responsibility to study hard for my family. My favorite subject at school is math and natural science. I hope you can accept me here. That’s all about myself. Thank you for your attention.”|

Selamat pagi, teman beserta dosen. Semoga semua yang hadir di sini sehat hari ini. Saya merasa bersyukur karena bisa bertemu pada momen ini sekarang. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Andrea Wijaya. Teman saya biasa memanggil saya Andrea. Saya lahir pada tanggal 25 Januari tahun 2000 di Bandung. Jadi saya sekarang berusia 19 tahun dan sedang tinggal sendiri di apartemen yang berada di Jalan Brilia, Kediri. Saya adalah anak kedua dan memiliki kewajiban untuk belajar keras demi keluarga. Pelajaran favorit saya adalah matematika dan pengetahuan alam. Saya berharap Anda semua menerima saya di sini. Sekian tentang saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Contoh Perkenalan Casual

Dalam perkenalan casual, Kalian cukup berbicara seperti halnya seperti bercakap biasa. Gunakan bahasa sehari – hari dan usahakan perkenalan yang singkat. Perkenalan casual biasanya terjadi saat bertemu dengan orang asing pertama kali saat berbicara singkat.

Contoh saja saat melakukan perjalanan dengan bus dan orang yang duduk di sebelah Kalian adalah orang asing. Kalian bisa memulai pembicaraan dengan menyapa dan berbicara tentang cuaca. Jika pembicaraan sudah mulai ramah, Kalian bisa menggunakan contoh berikut untuk perkenalan dalam bahasa Inggris secara casual:

Q : “Hi…/Hello Miss what is your name?” Hai…/ Hello Miss siapa namamu?

A : “My name is Anita, so happy that we can talk right now” Nama saya adalah Anita, senang bisa berbincang dengan Anda sekarang ini.

Q : “Oh, Where are you from?” Oh… Kamu berasal dari mana?

A : “I from Pare Kediri, and you” Saya dari pare Kediri, dan kamu?

Q : “I am from malang, Glad too meet you” Saya dari malang, senang bertemu dengan anda

A : “With pleasure” Dengan senang hati.

Bagaimana? Apakah contoh dan bahasan perkenalan dalam bahasa Inggris di atas cukup memuaskan bagi Anda? Terima kasih sudah membaca artikel ini. Mudah – mudahan dengan membaca ini, Anda makin terbantu dalam memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga :

Kampung Inggris Search :

  • perkenalan bahasa inggris
  • perkenalan diri dalam bahasa inggris
  • memperkenalkan diri dalam bahasa inggris
  • cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris
  • contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris
  • contoh perkenalan dalam bahasa inggris
  • perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat
  • perkenalan diri bahasa inggris
  • percakapan bahasa inggris perkenalan
  • percakapan perkenalan bahasa inggris
  • perkenalan dalam bahasa inggris singkat
  • dialog perkenalan bahasa inggris