Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Singkat

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Singkat, Dijamin Langsung Mahir

Berbicara dengan bahasa Inggris merupakan suatu hal yang umum didengar di era ini dan terkadang menjadi suatu gaya hidup bagi beberapa orang. Untuk bisa mahir berbahasa inggris, tentu saja harus selalu rajin dan membiasakan diri untuk terus belajar dan berlatih berbicara dalam bahasa Inggris.

Hal mendasar dalam berbicara bahasa Inggris adalah menguasai grammar dan tenses dengan begitu akan lebih memudahkan dalam menempatkan dan menyusun kata per kata menjadi suatu kalimat pembicaraan. Hal mendasar ini sudah kita pelajari semenjak sekolah jadi bukanlah suatu hal yang asing untuk didengar. 

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Singkat

Biasanya yang kita pelajari saat di bangku sekolah adalah belajar untuk melakukan perkenalan diri sendiri. perkenalan dalam bahasa inggris singkat juga sudah dicantumkan di dalam buku pelajaran, dan dijelaskan oleh guru sebelum kita praktekkan bersama teman. 

Selain berlatih bersama dengan teman sekolah, kita juga bisa berlatih dengan cara yang lain. Menyanyikan lirik lagu berbahasa Inggris juga merupakan salah satu referensi untuk melatih kita agar lebih terlatih dalam mengucapkan tiap kata dalam bahasa Inggris. Semakin sering kita berlatih dalam mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris, lebih meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris.

Kemampuan dalam berbahasa Inggris sangat diperlukan dan menjadi nilai tambah terutama bagi yang sedang melakukan wawancara kerja. Saat melakukan wawancara kerja tentu saja hal pertama yang akan dilakukan adalah perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Agar tidak menjadi grogi dan terlihat profesi, perlu diketahui perkenalan dalam bahasa inggris singkat sebelum melakukan wawancara.

Tidak hanya saat melakukan wawancara saja, bagi yang ingin melakukan perkenalan diri menggunakan bahasa Inggris juga bisa mengikuti tata caranya. Dan berikut adalah beberapa contoh dan tata cara yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin melakukan perkenalan dengan bahasa Inggris yang bisa digunakan oleh siapa saja.

  1. Melakukan Perkenalan Diri

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membicarakan mengenai topik pembicaraan adalah melakukan perkenalan diri, dengan begitu, lawan bicara akan dapat mengenal kita dengan baik.

Kalimat pengenalan yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

Good morning/Hi/Hello/Hey, etc

Let me introduce myself, my name is… (Ijinkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya adalah…)

I want to introduce myself, my name is…(Saya ingin memperkenalkan diri saya, nama saya adalah…)

  1. Menyebutkan nama

Setelah sebelumnya meminta ijin untuk berkenalan, selanjutnya adalah menyebutkan nama kita, seperti:

My name is Emi (Nama saya adalah Emi)

My name is Jonathan (Nama saya adalah Jonathan)

My name’s Edi (Nama saya adalah Edi)

Terkadang kita juga akan ditanyakan mengenai nama tengah kita (middle name) atau nama keluarga kita (surname). Nama keluarga ini berlaku bagi mereka yang memiliki nama keluarga di negara barat atau orang Indonesia menyebutnya dengan marga.

Hi, my middle name is Elyzabeth (Hai, nama tengah saya adalah Elyzabeth)

My middle name is Arthur (nama tengah saya adalah Arthur)

My last name is Winston (nama belakang saya adalah Winston)

My surname is Winston (nama keluarga saya adalah Winston)

My full name is Jonathan Arthur Winston (nama lengkap saya adalah Jonathan Arthur Winston)

My name is Jonathan Arthur Winston (nama saya adalah Jonathan Arthur Winston).

Sebenarnya last name tidak sama dengan surname, akan tetapi bagi orang-orang di negara barat tidak membedakan last name dan surname pada nama mereka, karena biasanya surname diletakkan di belakang nama mereka.

Bagi yang ingin menanyakan nama seseorang menggunakan bahasa Inggris, dapat disesuaikan dengan keinginan sang penanya terkait beberapa jawaban dari perkenalan dalam bahasa inggris singkat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

  1. Tempat dan tanggal lahir

Yang tidak menjadi kalah pentingnya adalah menyebutkan tempat dan tanggal lahir kita saat berkenalan. Hal ini dimaksudkan agar lawan bicara dapat mengenal kita lebih jauh dan dapat menjadi salah satu topik pembicaraan. Contohnya adalah seperti di bawah ini:

I was born in Surabaya 8th February, 1993 (Saya lahir di Surabaya pada tanggal 8 Februari 1993).

I was born in Bandung 1st June 1987 (Saya lahir di Bandung pada tanggal 1 Juni 1987)

  1. Menanyakan kabar kepada lawan bicara

Untuk bisa menarik lawan bicara mengikuti topik pembicaraan selain ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga harus menyapa lawan bicara kita, contohnya adalah menanyakan kabar mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan untuk menanyakan kabar adalah:

How are you ? (Apa kabar)

How is it going ? atau How’s it going ? (Apa kabar)

What happened to you ? (Apa yang terjadi denganmu ?)

What is wrong with you ? atau What’s wrong with you ? (Ada ada denganmu ?)

Are you okay ? (Apakah kamu baik-baik saja ?).

Pertanyaan-pertanyaan di atas dapat digunakan untuk menanyakan kabar orang lain dan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi lawan bicara anda, agar tidak salah dalam menggunakan kata.

Dan bagi kita yang sedang ditanyakan kabarnya, jawaban yang dapat kita gunakan adalah:

I’m fine, thank you. And you ? (Saya baik-baik saja, terima kasih. Bagaimana denganmu ?)

I’m Very well (Saya baik-baik saja)

I’m okay, thanks (Saya tidak apa-apa, terima kasih).

Sama seperti ketika memilih pertanyaan mengenai kabar, jawaban yang akan disampaikan pun harus disesuaikan dengan lawan bicara kita.

  1. Menyebutkan umur kita

Dan salah satu perkenalan dalam bahasa inggris singkat yang biasa disebutkan adalah menyebutkan umur kita. Misalnya seperti di bawah ini:

I’m 21 years old (umur saya 21 tahun)

I am 26 years old (umur saya 26 tahun)

I will be reaching 19 years old this month (Bulan ini saya akan berumur 19 tahun)

I’ll celebrate my 17th birthday next month (Saya akan merayakan ulang tahun yang ke 17 bulan depan).

Demikian beberapa contoh dan tata cara yang bisa digunakan sebagai salah satu acuan dalam memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris. Yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan perkenalan, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenali situasi dan lawan bicara kita. Dengan begitu kita dapat menggunakan kalimat perkenalan yang tepat tanpa harus membuat bingung atau menyinggung lawan bicara kita.

Perkenalan menggunakan bahasa Inggris dapat dilakukan oleh siapa saja karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa hal ini sudah dipelajari saat kita duduk di bangku sekolah dan merupakan pelajaran dasar. Maka dari itu tidak akan sulit bagi kita karena kita sudah pernah melakukannya sebelumnya. Bagi siapapun yang ingin fasih berbahasa Inggris, haruslah selalu melatih diri dengan rajin dan dapat menggunakan perkenalan dalam bahasa inggris singkat yang telah dibahas seperti diatas.

Baca Juga :

Kampung Inggris Search :

  • perkenalan dalam bahasa inggris singkat
  • perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat
  • perkenalan dalam bahasa inggris singkat beserta artinya
  • perkenalan bahasa inggris singkat
  • perkenalan singkat bahasa inggris
  • contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat
  • contoh dialog memperkenalkan teman dalam bahasa inggris singkat
  • perkenalan singkat dalam bahasa inggris