Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris

Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris

Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris Selain Kata ‘Sorry’

Saat kamu belajar bahasa Inggris, tentu salah satu tujuannya adalah untuk dapat menerapkannya dengan lancar pada kegiatan sehari – hari. Salah satu ungkapan yang sering kita dengan sehari – hari adalah ungkapan permintaan maaf saat seseorang melakukan kesalahan. Dalam bahasa inggris, banyak orang menggunakan kata ‘sorry’ untuk mengekspresikan penyesalan dan merupakan bentuk permintaan maafnya. Namun, ternyata ada banyak cara meminta maaf dalam bahasa Inggris yang dapat kamu lakukan selain menggunakan kata ‘sorry’. Berikut adalah beberapa contohnya :

That’s my fault

Bentuk permintaan maaf tidak selalu dengan menggunakan kata maaf atau sorry. Kamu dapat menggunakan kata lain dengan makna yang hampir sama. Kata sorry dapat kamu ubah menjadi that’s my fault, yang dapat mengekspresikan bentuk pengakuanmu atas kesalahan yang telah kamu buat. Secara khusus, kalimat ini tepatnya digunakan bila kamu melakukan kesalahan pada saat itu juga. Berikut adalah contoh penerapannya :

A : oh, what has happened? Why is everything so messed here? (oh, apa yang telah terjadi? Mengapa sangat berantakan di sini?).

B : oh, that is my fault. I shouldn’t have let this cat escape from its cage. (oh, itu adalah kesalahan saya. Saya seharusnya tidak membiarkan kucing ini lepas dari kandangnya).

Please don’t be mad at me

Untuk meminta maaf kepada seseorang dengan menggunakan bahasa inggris, kamu nggak melulu harus menggunakan kata sorry. Kamu bisa menggantinya dengan kata please don’t be mad at me, misalnya. Kalimat penyesalan atau ekspresi menyesal ini dapat kamu gunakan bila kamu dalam percakapan dan situasi yang tidak formal. Misalnya saja saat kamu sedang berbincang dengan teman. Saat kamu melakukan kesalahan, kamu dapat mengatakan please don’t be mad at me (tolong jangan marah padaku). Seiring waktu dan semakin lama kamu belajar bahasa inggris, kemampuan kamu juga akan semakin terasah, sehingga dapat mengekspresikan berbagai suasana dengan susunan kata yang semakin beragam.

Please accept our (sincerest) apologies

Bila ungkapan / permintaan maaf kamu diutarakan pada situasi yang formal, kamu dapat menggunakan kalimat ini sebagai bentuk permohonan maaf. Kalimat ini juga mungkin kerap kamu dengar saat ada di berbagai tempat umum seperti bandara atau stasiun. Contohnya : regarding to bad weather, the plane will be delayed in15 minutes. Please accept our sincerest apologies.

Please excuse my (ignorance)

Kalimat lainnya yang dapat kamu pakai untuk menggambarkan permintaan maaf kepada orang lain adalah kalimat Please, excuse my (ignorance) yang bermakna mohon maaf atas ketidaktahuan saya. Ekspresi ini dapat kamu gunakan baik dalam konteks percakapan formal mau pun dengan sedikit bercanda. Berikut contoh kalimatnya :

A : You don’t write my name correctly (kamu tidak menulis nama saya dengan benar).

B : oh, please excuse my ignorance (oh, mohon maaf atas ketidaktahuan saya).

Anda yang telah bergabung dalam lembaga kursus bahasa inggris, tentu nantinya selain diajarkan mengenai susunan grammar, tenses, hingga cara memperkaya kosakata, kamu juga akan diajarkan beberapa ungkapan – ungkapan yang nantinya akan sering kamu gunakan saat bercakap – cakap dalam bahasa inggris. Bila Kamu sedang mencari tempat atau lembaga kursus bahasa inggris yang berkualitas, kamu dapat memilih untuk mendaftarkan diri dan mengambil paket kampung inggris dan mengikuti serangkaian jadwal kursus di sana.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*