Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Seperti halnya dalam bahasa Indonesia terdapat kata penghubung, kata penghubung dalam bahasa Inggris merupakan bagian penting yang harus dipahami. Tanpa adanya pemahaman yang mencukupi tentang kata penghubung tentu akan ditemukan kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris baik secara tulisan maupun lisan. Dalam memahami kata penghubung itu sendiri tentu harus dimulai dari pengertiannya secara mendasar lalu diikuti pula dengan jenis – jenisnya. Hal tersebut dikarenakan dalam bahasa Inggris ada cukup banyak kata penghubung yang juga memiliki fungsi khususnya masing – masing.

Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Fungsi

Kata penghubung pada dasarnya merupakan kata – kata khusus yang bisa digunakan untuk menghubungkan kalimat dengan kalimat, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, dan kata dengan kata. Kata penghubung merupakan bagian dari kelompok parts of speech dengan fungsi yang berbeda – beda. Jadi dapat dikatakan bahwa dalam hal pengertian serta fungsi dari kata penghubung dapat dijelaskan melalui satu penjelasan sesuai yang sudah disebutkan di awal paragraf ini. 

Meskipun intinya adalah menghubungkan kata, frasa, klausa, dan kalimat namun kata penghubung memiliki jenis – jenisnya masing – masing dan juga maksud – maksud tersendiri. Penggunaan kata penghubung yang kurang tepat tentu tidak akan memunculkan maksud dan tujuan dari kata, frasa, klausa, dan kalimat yang saling dihubungkan. Oleh karena itu memang sangat penting untuk memahami berbagai jenis dari kata penghubung dalam bahasa Inggris agar mampu menggunakannya dengan tepat dan sesuai.

Jenis – Jenis dan Contoh Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris

Secara umum dalam bahasa Inggris kata penghubung dapat dibedakan berdasarkan komponen yang dihubungkan. Ketika yang dihubungkan posisinya setara maka ada kelompok tersendiri dari kata penghubung yang tepat digunakan. Kelompok ini disebut kata penghubung coordinate conjunction. Lalu ketika komponen yang dihubungkan sifatnya tidak setara ada lagi kelompok kata penghubung yang akan tepat digunakan. Kelompok yang ini disebut kata penghubung subordinate conjunction. Dalam kedua jenis tersebut kata penghubung yang digunakan biasanya merupakan satu kata saja seperti and, or, since, unless, yet, dan lain sebagainya.

Correlative Conjunction

Selain itu tadi masih ada satu lagi variasi dari kata penghubung yaitu yang sudah memiliki pasangannya dalam penggunaannya. Jenis yang ini disebut sebagai kata penghubung correlative conjunction. Penggunaannya harus sangat tepat agar supaya maksud yang disampaikan juga bisa tepat. Not only – but also, either – or, dan neither – nor termasuk dalam kelompok kata penghubung yang ini. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata penghubung correlative conjunction yang tepat:

  • My brother is not only good at speaking Spanish but also in speaking English.
  • Either you take ten minutes to walk every day or join the gym for at least a month.
  • Neither I nor my brother can get the job done properly.
  • John is not only smart but also athletic.
  • Either I buy a book or borrow it from the library.

Coordinate Conjunction

Nah kembali lagi pada jenis kata penghubung coordinate conjunction, bagian selanjutnya adalah mengenai berbagai pilihan kata penghubung yang masuk dalam kelompok tersebut dilengkapi dengan contoh – contoh penggunaannya. Kuncinya dalam jenis ini adalah bahwa harus dipastikan apa yang dihubungkan benar – benar setara. Kalimat She is athletic and strong as a woman merupakan contoh kalimat yang menggunakan coordinate conjunction. Penggunaan and untuk menggabungkan strong dan athletic menunjukkan kesetaraan dari keduanya. Kedua kata tersebut merupakan adjective yang sama –sama menerangkan subjek dalam kalimat tersebut yaitu she.

Selain itu dalam jenis kata penghubung ini pada dasarnya bagian – bagian yang dihubungkan bisa berdiri sendiri jika kata penghubungnya dihilangkan. Masing – masing bagiannya bisa dipisahkan dan maksudnya akan tetap bisa dimengerti. Dalam contoh She is athletic and strong as a woman bagian yang dihubungkan oleh and bisa dipisah. Ketika dipisah akan didapatkan She is athletic as a woman dan She is strong as a woman. Keduanya memiliki maksudnya sendiri yang tetap bisa dimengerti meskipun tidak disambung menggunakan kata penghubung and.

Tentu saja selain and masih ada lagi pilihan lain kata penghubung dalam bahasa Inggris untuk kelompok ini. Terkait dalam kata penghubung dalam kelompok ini ada singkatan FANBOYS yang mencakup for, and, not, but, or, yet, dan so yang bisa menjadi cara sederhana dalam mengingatnya. Berikut ini adalah beberapa pilihan dan contoh penggunaan dari kata penghubung coordinate conjunction:

  • Andrew runs very well but he swims really badly.
  • I do not want to get hurt or get lost while in the woods.
  • The store is having a sale so many people are shopping there.
  • Maria loves to read yet she does not get smarter at all.
  • I did not buy the jacket for it was too tight to wear.

Berikut ini adalah berbagai pilihan kata penghubung dalam kelompok coordinate conjunction yang harus digunakan dengan tepat:

And, But, Or, However, Nevertheless, Therefore, For, Yet, So, Both – and, Likewise, Moreover, Furthermore, In addition, Similarly, Besides, Again, As well as, dan Otherwise.

Subordinate Conjunction

Selanjutnya adalah kelompok kata penghubung subordinate conjunction yang sudah disebutkan bahwa fungsinya untuk menghubungkan komponen yang tidak setara. Maksudnya adalah bahwa komponen yang dihubungkan mencakup anak kalimat dan induk kalimat. Salah satu tandanya ketika ada penggunaan subordinate conjunction adalah bahwa komponen yang dihubungkan tidak bisa berdiri sendiri tanpa kata penghubung. Sebagai contoh dalam kalimat The man who is reading newspaper is my dad ada kata who yang merupakan salah satu subordinate conjunction. Dalam contoh tersebut who digunakan untuk menjelaskan the man yang menjadikan is reading newspaper tidak setara dengan the man. Berikut ini adalah beberapa jenis dan contoh kata penghubung dalam bahasa Inggris untuk kelompok subordinate conjunction:

  • My mother knows where the stocks are on sale.
  • My brother knows how to light a campfire.
  • I know the movie which she liked the most.
  • The car that was purchased by my dad is missing.
  • My sister is showering while my mother cooks soup.

Berikut ini adalah berbagai pilihan kata penghubung dalam kelompok subordinate conjunction yang harus digunakan dengan tepat:

Who, Which, Where, Why, How, That, While, Whether, Before, Although, Though, Since, So – that, Until, As, After, As if, In order that, Unless, If, dan As long as.

Dari banyaknya pilihan kata penghubung yang berbeda – beda dari kelompok yang berbeda pula itu tidak semuanya sering digunakan. Hanya ada beberapa saja yang memang sangat umum digunakan dalam penggunaan bahasa Inggris sehari – hari. Namun tetap sangat penting untuk mengetahui perihal berbagai kata penghubung dalam bahasa Inggris apalagi ketika sedang mempelajari dan mendalami bahasa Inggris.

Baca Juga :

Kampung Inggris Search :

  • kata penghubung dalam bahasa inggris
  • kata sambung dalam bahasa inggris
  • kata sambung bahasa inggris
  • kata hubung dalam bahasa inggris
  • konjungsi dalam bahasa inggris
  • konjungsi bahasa inggris
  • kata hubung bahasa inggris
  • kata penghubung bahasa inggris
  • contoh kata sambung dalam bahasa inggris
  • contoh kata penghubung dalam bahasa inggris