Conditional Sentence Beserta Contohnya

Conditional Sentence Beserta Contohnya

Conditional sentences atau kalimat pengandaian adalah salah satu materi belajar bahasa Inggris yang bakal kamu jumpai di tingkat dasar. Dalam pembelajaran ini, kata conditional merujuk pada dua kalimat yang digabungkan atau di hubungkan dengan if sebagai kata yang mengawali kalimat.

Setidaknya ada empat jenis kalimat pengandaian yang digunakan dalam bahasa Inggris. Antara lain conditional 0, conditional 1 (first conditional), conditional 2 (second conditional), dan conditional 3 (third conditional). Untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan Kampung Inggris Pare terkait jenis kalimat pengandaian dan contohnya berikut ini!

Conditional 0

Disebut juga sebagai conditional zero, jenis kalimat ini pada dasarnya memaparkan fakta atau sesuatu yang terbukti benar secara ilmiah, guys. Conditional 0 kalau ditelaah tak bersifat mengandai karena pada kenyataannya memang atau pasti terjadi.

Sebagai contoh:

If we heat ice, it melts.

If I don’t eat my breakfast, I can be hungry.

Jika menelaah contoh kalimat pertama, kamu pasti juga setuju karena secara ilmiah es bakal mencair saat dipanaskan. Lantas saat kata if pada conditional 0 diganti dengan when akan jadi kalimat pengandaian yang sesungguhnya.

Contoh:

When we heat ice, it melts.

When I don’t eat my breakfast, I can be sick.

Conditional 1 

Conditional 1 atau first conditional merupakan konsep pengandaian pada kejadian saat ini atau masa mendatang dengan probabilitas tinggi. Dalam info Kampung Inggris ini, probabilitas dijelaskan pada if clause dan main clause sebagai kalimat akibat.

Formulanya :

Main Clause : Simple Future

If Clause : Simple Present

Sebagai contoh:

If you study hard, you will be clever.

You will not be clever If you don’t study hard.

Dari kedua contoh di atas, kamu bisa mendeteksi kemungkinan kejadian yang sangat tinggi pada if clause. Misalnya dalam kasus contoh di atas, kamu akan menjadi pintar apabila kamu belajar dengan giat. Dan kemungkinan besar Kamu tidak akan menjadi pintar apabila kamu tidak belajar dengan giat.

Conditional 2

Pada jenis kalimat pengandaian ini, konsepnya didasarkan pada kejadian saat ini atau mendatang dengan kemungkinan terjadi yang rendah atau punya probabilitas mendekati 0 (hipotesis).  Sangat kecil kemungkinan akan terjadi.

Formulanya :

Main Clause : Past Future

If Clause : Simple Past

Sebagai contoh:

If I had wings, I would fly.

I would fly If I had wings.

Berdasarkan contoh di atas second conditional menunjukkan kemungkinan terjadinya yang sangat rendah. ( Jika saya memiliki sayap saya akan terbang / Saya akan terbang jika saya memiliki sayap) pada faktanya kamu tidak memiliki saya dan tidak bisa terbang.

Conditional 3

Ketiga, ada third conditional yang konsepnya didasarkan pada kejadian di masa lampau dan tidak mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Formulanya :

Main Clause : Past Future Perfect

If Clause : Past Perfect

Sebagai contoh:

If you had invited me last night, I would have come to your party.

I would have come to your party If you had invited me last night.

Berdasarkan contoh di atas third conditional menunjukkan suatu kenyataan kejadian yang terjadi pada masa lampau dan hampir tidak mungkin terjadi lagi di masa mendatang ( Jika kamu sudah mengundangku tadi malam, aku seharusnya datang ke pestamu / Aku seharusnya datang ke pestamu jika kamu telah mengundangku tadi malam ) . Faktanya : Kamu tidak mengundangku sehingga aku tidak datang ke pestamu tadi malam dan pestanya telah selesai.

Sebenarnya jenis kalimat ini cukup jarang digunakan, guys, terutama pada percakapan sehari-hari. Namun, tak ada salahnya untuk tahu karena bisa saja kamu bertemu situasi tersebut.

Semoga kamu semakin semangat belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris!

Dapatkan Materi Pembelajaran :

pengertian conditional sentences dan contohnya

rumus conditional sentence dan contohnya

pengertian conditional sentence beserta contohnya

pengertian conditional sentences beserta contohnya

rumus conditional sentence beserta contohnya

apa itu kalimat conditional sentence

kalimat conditional sentence type 0

kalimat conditional sentence type 1

kalimat conditional sentence type 2

kalimat conditional sentence type 3

cara membuat kalimat conditional sentence

pola kalimat conditional sentence

penggunaan kalimat conditional sentence

rumus kalimat conditional sentence

materi conditional sentence

Paket Speaking Master 2 Bulan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*