Biaya di Kampung Inggris

Biaya di Kampung Inggris : Banyak yang tertarik untuk belajar dan memperdalam kemampuannya dalam berbahasa Inggris di kampung Inggris, dan banyak juga alumninya yang telah merasakan hasil dan manfaatnya tersebar di berbagai pelosok dunia. Lokasi kampung Inggris itu adanya di dua desa, yakni di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Desa tersebut mendapat julukan sebagai kampung Inggris karena banyak sekali berdiri lembaga kursus Bahasa Inggris di desa tersebut. Berikut ini adalah biaya di kampung Inggris, yang dapat dipilah menjadi 3 jenis komponen, yang perlu disiapkan, yakni meliputi biaya kursus, dan biaya kost serta biaya hidup sehari-hari.

Biaya di Kampung Inggris
Biaya di Kampung Inggris

Biaya Kursus di Kampung Inggris

Pertama adalah biaya kursusnya. Biaya kursus untuk belajar bahasa Inggris ataupun belajar bahasa asing lainnya yang juga disediakan di desa tersebut adalah sangat terjangkau dan cukup bervariasi, antara laim tergantung pada jenis programnya, dan levelnya, serta jangka waktu lamanya kursus. Namun jika dibandingkan dengan biaya kursus serupa di kota besar maka masih lebih murah biaya kursus di kampung Inggris ini. Sebagai gambarannya biaya kursus untuk rata-rata program kursus berdurasi selama 1 bulan, minimal adalah sekitar Rp. 1.100.000 ribu Rupiah, lalu untuk durasi selama 2 bulan minimal sekitar Rp. 2.050.000 ribu Rupiah. Harga tersebut juga berbeda antar satu lembaga kursus dengan lembaga kursus yang lainnya. Tiap jenis program juga berbeda-beda tarif biayanya. Namun dalam kisaran mulai dari Rp. 1.000.000 Rupiah hingga sekitar dibawah satu juta Rupiah per jenis paket programnya.  Adapun jenis program pilihannya yang akan di dapatkan dalam 1 paket kursus meliputi kelas Speaking, kelas Pronunciation, Vocabulary, Grammar, Listening untuk paket general English. Hingga kelas TOEFL, IELTS dan lain sebagainya jika kamu mengambil paket kursus academic english. Dan rata-rata jumlah peserta per kelasnya adalah sekitar 15 orang.

Berapa harga di Kampung Inggris?

Berikut rincianya :

Paket 1 MingguPaket 2 MingguPaket 1 BulanPaket 2 BulanPaket 3 BulanPaket Speaking Master 2 BulanPaket Bali On Vacation 3 Bulan + Bali

Paket TOEFL

1 Bulan

Rp. 750.000

Rp. 850.000Rp. 1.100.000Rp. 2.0.50.000Rp.3.400.000Rp. 1.900.000Rp. 4.450.000Rp. 1.200.000
Rp. 925.000 Plus makan 3x SehariRp. 925.000 Plus makan 3x Sehari

NB: Semua biaya program di atas sudah termasuk asrama.

Biaya Kost

Kemudian selain biaya kursus, ada juga biaya kost yang harus dipersiapkan. Sebagian besar peserta kursus di Kampung Inggris ini memang harus tinggal di kost karena mayoritas berasal dari luar kota. Terdapat 2 jenis tipe kost di kampung Inggris, Pare ini, yakni kost english area (Camp) serta kost yang biasa. Perbedaan diantara kedua tipe kost tersebut ialah jika pada kost english area maka ada kewajiban untuk berbahasa Inggris tiap saat, dan ada pengawasnya untuk ini sehingga biayanya juga akan sedikit lebih mahal. Ini juga sangat bagus untuk mendongkrak kemapuan bahasa inggris kamu, karna kamu akan terbiasa untuk berbicara menggunakan bahasa inggris setiap hari. Sedang pada kost yang biasa, maka tidak ada peraturan yang mewajibkan penggunaan  bahasa Inggris tersebut. ( Jika kamu mengambil program paket, kamu tidak perlu mencari atau mempersiapkan biaya untuk biaya kost English area, karna kost English area sudah termasuk dalam program paket tersebut, jadi kamu hanya perlu datang dan siap belajar di sini). Sedangkan untuk kost biasa biayanya sekitar 250 ribu Rupiah hingga 400 ribu Rupiah per orang per bulan. Biaya kost tersebut adalah untuk per 1 bulan, jadi misalkan tinggal hanya untuk selama 5 hari atau seminggu atau dua minggu saja, yakni kurang dari sebulan, maka tarifnya akan kurang dari biaya kost selama 1 sebulan. Kemudian juga tarif biaya kost tersebut dihitung per orang, bukan per kamar karena satu kamar itu diisi oleh minimal 3 orang atau lebih, tergantung dari lebar ukuran kamar tersebut. Namun rata-rata satu kamar diisi oleh 4 orang.

Kampung Inggris Pare
Kampung Inggris Pare

Biaya Hidup Sehari-hari

Berikutnya ada biaya hidup sehari-hari seperti biaya makan, biaya transportasi sewa sepeda, laundry dan lain sebagainya  yang sangat bervariasi tergantung gaya hidup tiap orang. Biaya makan minimal mulai dari 7 ribu Rupiah per sekali makan (Lauk ayam ), sedangkan biaya sewa sepeda dihitung per bulan sekitar 60 ribu Rupiah hingga 100 ribu Rupiah. Lalu untuk biaya laundrynya sekitar mulai dari 3/4 ribu Rupiah per kilo. Secara rata-rata diperkirakan total anggaran sekitar 1 juta Rupiah untuk biaya di kampung Inggris selama 1 bulan.

Demikianlah gambaran mengenai biaya di kampung Inggris. Semoga informasinya bisa menjadi referensi teman-teman yang ingin belajar di kampung inggris.

Kampung Inggris Unicef
Kampung Inggris Unicef

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*