Belajar 16 Tenses dalam Bahasa Inggris

Belajar 16 Tenses dalam Bahasa Inggris
Belajar 16 Tenses dalam Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris,16 Tenses dalam Bahasa Inggris adalah salah satu hal penting yang wajib dikuasai. Soalnya, penggunaan tenses dalam bahasa Inggris sangat berkaitan dengan waktu. Karena itu, tak heran kalau sampai ada 16 tenses dalam bahasa Inggris. Tapi, kamu jangan khawatir, Guys. Sebab, banyak yang bilang kalau setelah kamu bisa menguasai 16 tenses tersebut, sebenarnya kamu sudah “menaklukkan” 60% kemampuan berbahasa Inggris.

Nah, tanpa buang-buang waktu, yuk cari tahu apa saja 16 tenses yang ada di dalam bahasa Inggris!

  1. Simple Present Tense

Bentuk ini bisa dibilang yang paling sering digunakan dan berfungsi untuk menyatakan kebiasaan, fakta, maupun kejadian yang saat ini sedang berlangsung. Dan seperti yang ditunjukkan namanya, rumus Simple Present Tense pun simpel: Subjek + Verb 1.

Contoh: “He is so tall!” dan “I eat fresh fruit every morning for my breakfast.”

  1. Present Continuous Tense

Bentuk tense ini adalah untuk menunjukkan adanya tindakan atau kejadian yang sedang terjadi ketika pembicaraan berlangsung, atau untuk membuat rencana di masa depan. Rumusnya: Subjek + Am/Is/Are + Verb-ing (continuous form).

Contoh: “Look! My kitten is climbing up the chair!” dan “My parents are coming in an hour.”

  1. Present Perfect Tense

Tense ini punya fungsi untuk menunjukkan hasil karena tindakan yang dilakukan dan telah selesai di masa lalu, atau masih berlanjut hingga sekarang. Rumusnya: Subjek + Has/Have + Verb 3 (past participle).

Contoh: “I’ve tried the cake from that shop,” dan “My brother has lived in Singapore for 3 years.”

  1. Present Perfect Continuous Tense

Untuk tense ini, penggunaannya adalah untuk menjelaskan tindakan yang sudah selesai di masa lalu, atau untuk menjelaskan tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung sampai sekarang. Biasanya, dalam tense ini ada keterangan waktu yang menunjukkan durasi tindakan yang dijelaskan. Rumusnya: Subjek + Has/Have + Been + Verb-ing (continuous form).

Contoh: “My parents have been living in Yogyakarta since 2005,” dan “My sister is hungry since she has been working out for 2 hours.”

  1. Simple Past Tense

Tense ini adalah kebalikan dari Simple Present Tense, karena digunakan untuk menjelaskan kejadian di masa lampau. Karenanya Simple Past Tense juga digunakan untuk menceritakan pengalaman yang sudah terjadi. Rumusnya: Subjek + Verb 2.

Contoh: “Last week, I saw Lara at the hospital,” dan “When I was still a freshman, school started at 7.30 a.m.”

  1. Past Continuous Tense

Tense ini digunakan untuk menjelaskan kejadian yang tengah terjadi pada waktu tertentu di masa lampau. Rumusnya: Subjek + Was/Were + Verb-ing (continuous form).

Contoh: “My father was talking to my brother when I entered the living room,” dan “Adi was sleeping when Natasha called him.”

  1. Past Perfect Tense

Bentuk tense ini digunakan untuk menunjukkan kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu pada masa lampau. Dengan tense ini, penutur lebih menekankan fakta, bukannya durasi, sehingga menjelaskan suatu perbuatan yang telah selesai di masa lalu, sebelum perbuatan lain dilakukan. Rumusnya: Subjek _ Had + Verb 3 (past participle).

Contohnya: “She ignored me after I had accidentally spilled my drink on her bag,” dan “When my sister came home last night, we had finished dinner.”

  1. Past Perfect Continuous Tense

Mirip seperti Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense bertujuan untuk menjelaskan tindakan yang terjadi di masa lalu dan telah selesai pada titik tertentu. Hanya saja, bentuk ini lebih menekankan durasi. Rumusnya: Subjek + Had + Been + Verb-ing (continuous form).

Contoh: “When Nadia arrived, I had been waiting for an hour.”

  1. Simple Future Tense

Simple Future Tense pada dasarnya berfungsi menjabarkan tindakan di masa yang akan datang, dan tidak bisa dipengaruhi tindakan-tindakan lainnya. Selain itu, bentuk ini pun dapat digunakan untuk membuat keputusan spontan di masa depan, maupun asumsi yang berkaitan dengan masa datang. Rumusnya: Subjek + Will + Verb 1 (present form) atau Subjek + be (is/am/are) + going to + Verb 1 (present form).

Contoh: “I will work in a back after I graduate next month,” dan “She is going to meet her brother tomorrow.”

  1. Future Continuous Tense

Fungsi tense ini adalah menunjukkan tindakan yang terjadi pada waktu tertentu di masa datang, maupun tindakan yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Rumusnya: Subjek + Will +Be + Verb-ing (continuous form).

Contoh: “Nisa will be coming home late this evening,” dan “My brother will be delivering a speech as the best graduate next week.”

  1. Future Perfect Tense

Fungsi Future Perfect Tense adalah untuk menjelaskan suatu tindakan yang sudah akan selesai pada titik waktu tertentu di masa depan. Rumusnya: Subjek + Will + Have + Verb 3 (past participle).

Contoh: “I will have left work at 6 p.m.” dan “She will have done the same work for 2 years.”

  1. Future Perfect Continuous Tense

Serupa dengan bentuk Perfect Continuous Tense lainnya, Future Perfect Continuous Tense juga untuk menjelaskan tindakan yang sudah berlangsung di titik waktu tertentu pada masa depan. Rumusnya: Subjek + Will + Have + Been + Verb-ing (continuous form).

Contoh: “My parents will have been sleeping long when I come home,” dan “Ziya will have been waiting for three days when her new bag arrives at home.”

  1. Simple Past Future Tense

Pada dasarnya, bentuk tense ini digunakan untuk kalimat tidak langsung yang memiliki perubahan bentuk agar sesuai dengan rangkaian peristiwa yang ada. Jadi, bentuk ini digunakan untuk memprediksi tindakan atau membuat janji yang dilakukan di masa lalu. Rumusnya: Subjek + Would + Verb 1.

Contoh: “My brother said that he would depart to Jakarta in three days.”

  1. Past Future Continuous Tense

Bentuk ini merupakan salah satu bentuk kata kerja yang menyatakan situasi maupun aksi imajiner yang tengah berlangsung jika kondisi tidak langsung terpenuhi. Rumusnya: Subjek + Would + Be + Present Participate.

Contoh: “Rayya would be attending your birthday party if she was in Semarang, but she’s currently in Surabaya,” dan “Tara made a promise that she would be helping me finish our report tomorrow.”

  1. Past Future Perfect Tense

Pada dasarnya, bentuk tense ini dapat digunakan untuk membahas suatu tindakan yang tidak terjadi di masa lalu untuk digunakan di dalam kalimat tak langsung. Rumusnya: Subjek + Would/Should + Have + Verb 3 (past participle).

Contoh: “If I had finished my report before the dateline, I wouldn’t have rushed everything,” dan “You should have seen my parents if you had come earlier.”

  1. Past Future Perfect Continuous Tense

Banyak yang menyebut bahwa tense ini cukup sulit. Meskipun begitu, bukan berarti mustahil untuk dipelajari, kok. Pada intinya, tense ini adalah untuk menjelaskan tindakan atau situasi imajiner yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu. Rumusnya: Subjek + Would/Should + Have + Been + Present Participle.

Contoh: “By last weekend, I should have been free for three days,” dan “Around this time last week, Mia would have been playing games on his mobile phone for three hours.” 

Kampung Inggris Search :

  • tenses bahasa inggris
  • tenses bahasa inggris ada berapa
  • tenses dalam bahasa inggris ada berapa
  • tenses dalam bahasa inggris adalah
  • artikel tenses bahasa inggris
  • tenses dalam bahasa inggris dan artinya
  • apa saja tenses bahasa inggris
  • apa itu tenses bahasa inggris
  • pengertian tenses dalam bahasa inggris dan artinya
  • arti tenses dalam bahasa inggris
  • aturan tenses dalam bahasa inggris
  • az bahasa inggris/tenses-bahasa-inggris
  • tenses yang ada dalam bahasa inggris
  • tenses bahasa inggris beserta contohnya
  • 16 tenses bahasa inggris beserta contoh kalimatnya
  • 16 tenses bahasa inggris beserta contohnya
  • tenses bahasa inggris lengkap beserta contohnya
  • 12 tenses bahasa inggris beserta contohnya
  • belajar tenses bahasa inggris
  • belajar tenses bahasa inggris lengkap
  • belajar tenses bahasa inggris mudah
  • belajar tenses bahasa inggris dengan mudah dan cepat
  • belajar tenses bahasa inggris untuk pemula
  • bentuk tenses bahasa inggris

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*